Hewan Peliharaan Yang Unik Aneh Buas Berbulu Cerdas Eksotis Lucu Serangga Reptil Becangkang Air

Jenis Hewan Peliharaan Unik, Lucu, Buas, Aneh, Cerdas, dan Eksotis yang Mudah Dipelihara


Hewan Peliharaan – Manusia merupakan makhluk sosial yang membutuhkan interaksi antar sesamanya. Berbagai aktivitas dilakukan untuk memenuhi kebutuhan sosial tersebut. Mulai dari saling bertemu teman-teman lama, melakukan hobi bersama, pergi ke suatu tempat baru, dan lain-lain.
Tidak hanya antar sesama, manusia pun juga berinteraksi dengan makhluk hidup yang lain seperti hewan serta tumbuhan. Interaksi antar manusia dan hewan inilah yang bagi sebagian orang kadang melebihi ikatan antar sesama manusia. Hewan yang mereka pelihara kadang sudah dirawat sejak kecil dan bahkan sudah dianggap sebagai keluarga sendiri.

1. Kucing – Hewan Peliharaan Paling Setia Manusia

KUCING LANGKA DAN ANEH ! KLIK DISINI !


hewan peliharaan
pixabay.com

Makhluk hidup yang satu ini merupakan salah satu jenis hewan yang paling banyak dipelihara di dunia. Jenis kucing pun sangat beragam dan tersebar luas hingga seluruh dunia. Kenali Jenis Kucing Termahal Di dunia
Dikatakan bahwa kucing sendiri sudah berbaur di kehidupan manusia sejak 6.000 tahun SM. Orang Mesir Kuno bahkan sejak 3.500 SM sudah memelihara kucing untuk dijadikan pembasmi hama berupa tikus atau hewan pengerat lain yang merusak lumbung padi mereka.
Dari semua jenis kucing, ada yang endemik atau hanya ada di daerah tertentu saja seperti Raas (asli Indonesia) dan ada yang sudah bercampur dengan jenis kucing lain dan menghasilkan jenis kucing baru. Jenis kucing yang tercatat secara resmi hingga saat ini sebagai kucing ‘murni’ adalah seperti Siam, Manx, dan Sphinx.
Kucing-kucing dengan trah atau galur murni tersebut biasanya dikembangbiakkan di sebuah tempat pemeliharaan hewan resmi. Total jumlah kucing ras yang terdapat di seluruh dunia hanyalah 1%, sedangkan sisanya merupakan kucing keturunan campuran.
Ada juga jenis kucing ras lain, sebut saja jenis kucingPersia dan Angora (Anggora). Kedua jenis kucing itu memang berasal dari daerah yang mana dipakai untuk menyebut kucing tersebut. Masih banyak jenis kucing lain seperti, Birman, Ceylon, Tiffanie, Bengal, atau Bambino.
Masing-masing dari jenis kucing tersebut tentu memiliki ciri khas dan keunikan tersendiri. Tak jarang, seseorang bahkan rela menghabiskan hidup dan uangnya untuk menikmati keindahan, kelucuan dan kecantikan seekor kucing.

2. Anjing – Bukan Hanya Sekedar Hewan Peliharaan, Mereka Spesial

hewan peliharaan

Sama halnya dengannya kucing, anjing juga merupakan salah satu jenis hewan yang banyak dirawat manusia untuk dijadikan peliharaan. Dengan keunikan dan kelucuan yang tidak kalah dengan kucing, anjing bahkan dianggap sebagai sahabat sejati manusia.
Terdapat banyak jenis anjing di dunia, seperti Bulldog, Peking, Herder, Pomeranian, Poodle, Mini Pincher, Papillon, Rootwieler, Chihuahua, dan lain sebagainya. Setiap orang mempunyai pertimbangan sendiri untuk memelihara satu atau lebih jenis anjing dalam satu waktu.
Lalu timbul sebuah pertanyaan, manakah di antara anjing dan kucing yang banyak dipelihara oleh manusia? Tidak ada data pasti mengenai hal tersebut. Sebagian orang menyatakan anjing dan sebagian lainnya menyatakan kucing.
Namun, yang jelas masing-masing daerah dan wilayah berbeda-beda ketika membahas kedua jenis hewan peliharaan ini. Di Eropa, orang lebih memilih anjing daripada kucing sedangkan di Asia terutama Indonesia orang lebih menyukai memelihara kucing daripada anjing.

3. Kelinci – Lucu, Imut, dan Menggemaskan




hewan peliharaan
pixabay.com

Mungkin karena hewan ini hampir mirip dengan kedua jenis hewan di atas dengan bulunya yang unik, menggelikan, dan lucu maka banyak orang yang menjadikan sebagai hewan peliharaan.
Menurut beberapa catatan sejarah, penyebutan kelinci berasal dari kata Belanda ‘konijntje‘ yang berarti anak kelinci. Warga negara Belanda lah yang dikabarkan berperan penting tentang bagaimana kelinci bisa masuk ke tanah air.
Pada masa pendudukan dulu, orang-orang Belanda sering membawa hewan lucu ini sebagai peliharaannya dari Eropa. Beberapa jenis kelinci yang populer dijadikan hewan peliharaan adalah seperti kelinci Anggora, kelinci Belanda, dan kelinci Himalaya. Masih ada beberapa jenis kelinci lain yang juga tidak kalah terkenal.
Kelinci Dutch/Belanda merupakan jenis kelinci yang paling banyak peminatnya di Indonesia, baik oleh para pecinta hewan peliharaan atau para peternak. Para peternak memilih membudidayakan jenis ini karena kelinci ini mampu melahirkan anak antara 7-8 ekor.
Dari sisi harga pun, kelinci Belanda dengan umur 1-3 bulan dihargai antara 50 ribu hingga 200 ribu rupiah, sedangkan untuk umur di atas 3 bulan antara 200 ribu hingga 2 juta rupiah.
Biasanya, anak-anak kecil sangat suka bermain dengan kelinci karena lebih ramah, lucu dan juga menggemaskan.
Bagi orang-orang yang suka memelihara hewan ini dan bahkan sudah menjadi hobi, mereka rela menghabiskan jutaan rupiah untuk merawat kelinci peliharaan mereka.
Hal yang perlu diperhatikan saat merawat hewan peliharaan imut ini adalah pertama dari kandang. Usahakan penempatan kandang jauh dari hiruk pikuk. Kemudian dari pakan yang sesuai dan waktu pemberian yang tepat.

4. Ikan – Hewan Peliharaan Bercorak Indah

cara merawat ikan cupan aduan

www.infoseputarcupang.com

Ukurannya yang kecil dan beragam jenisnya membuat hewan peliharaan ini bahkan dipelihara tidak dalam jumlah satu atau dua ekor saja tapi puluhan hingga ratusan ekor. Dari ratusan ekor tersebut kadang terdiri dari puluhan jenis ikan yang berbeda-beda.
Secara umum, orang menyebut jenis-jenis ikan berpenampilan indah dan cantik tersebut dengan sebutan ikan hias. Ada banyak jenis ikan hias di antaranya, ikan koi, ikan mas, cupang, dan lain sebagainya.
Namun, yang paling sering dijadikan hewan peliharaan yaitu jenis ikan koi dan ikan mas. Sebagian orang juga memelihara ikan cupang karena bentuk dan penampilannya yang sangat unik.

5. Ayam – Tidak Hanya Diternakkan, Tapi Juga Dijadikan Peliharaan




hewan peliharaan
pixabay.com

Unggas berikut ini sebenarnya banyak dipelihara dalam kuantitas yang sangat banyak untuk memenuhi kebutuhan pangan manusia. Oleh karena itu, mayoritas orang mengenal ayam sebagai hewan ternak bukan sebagai hewan peliharaan.
Namun demikian, banyak masyarakat terutama di Indonesia yang merawat ayam di rumah masing-masing dengan jumlah yang sedikit yakni antara satu sampai tiga ekor.
Ayam tersebut biasanya merupakan ayam jago yang mana sering dijadikan sebagai bahan aduan ketika ada lomba laga khusus ayam jago. Secara spesifik, jenis ayam tersebut adalah ayam ras seperti Bekisar, Bangkok, Vietnam dan lain sebagainya.

6. Bebek – Unggas Berbulu Cantik, Berbentuk Unik

hewan peliharaan

pixabay.com

Hampir sama dengan ayam, bebek pun dianggap oleh banyak orang sebagai hewan ternak yang dagingnya dibutuhkan untuk memenuhi pangan manusia.
Walaupun begitu, ada segelintir orang di dunia yang menjadikan bebek sebagai hewan peliharaan dan bahkan dianggap sebagai teman sejati. Bebek tersebut dirawat karena memiliki corak yang indah dan kadang dipertunjukkan dalam sebuah acara.
Bebek lokal pun kadang dijadikan hewan peliharaan yang mana dirawat dengan baik untuk kemudian diambil telurnya dan dieramkan hingga menetas.

7. Burung – Menikmati Bulu Indah dan Suaranya yang Merdu

hewan peliharaan

pixabay.com

Jika dibandingkan dengan ayam, mayoritas orang sepertinya lebih memilih burung untuk dijadikan hewan peliharaan. Jenis burung yang sering dijadikan peliharaan biasanya ialah kakatua, dara, betet, nuri, elang, pipit dan lain-lain.
Burung-burung tersebut dipelihara mungkin karena keindahan suaranya, sorot mata yang tajam, corak bulu yang cantik ataupun alasan lainnya. Contohnya burung merpati atau dara yang harganya bisa melambung tinggi karena kicau suaranya.
Sekarang ini sedang marak-maraknya orang memelihara burung kicau dengan berbagai macam alasan, seperti untuk dinikmati suaranya atau warnanya yang bisa membuat hati pemiliknya menjadi tenang.
Pemiliknya kadang juga mengikutkan burung kicau mereka pada perlombaan tertentu untuk kemudian menang dan mendapatkan penghargaan yang bergengsi.
Bahkan beberapa penghobi di Indonesia bisa mendapatkan keuntungan besar dari hasil beternak burung kicau tersebut.

8. Marmut – Hewan Peliharaan yang Sangat Imut

hewan peliharaan

pixabay.com

Walaupun ukurannya terbilang kecil dibanding hewan peliharaan lain, seekor marmut ternyata membutuhkan ruang yang besar untuk ia bergerak. Dibutuhkan banyak waktu, usaha serta perhatian saat memelihara hewan imut yang satu ini.
Sebagai contoh, kita perlu menyiapkan kandang khusus untuk memeliharanya. Kandangnya pun tentu memiliki beberapa kriteria tertentu agar marmut dapat tinggal dengan nyaman di dalamnya. Selain itu, letak penempatan kandang pun juga harus diperhatikan, jangan pernah meletakkannya di tempat yang sering dilalui oleh banyak orang.
Usahakan untuk memelihara minimal dua ekor marmut, karena jika marmut dipelihara sendirian ada kemungkinan ia akan merasa kesepian dan malah membuatnya stres. Secara alami, marmut sendiri hidup dalam kawanan.

9. Kura-kura – Hewan Peliharaan Bercangkang

cara merawat kura kura brazil

asmaulhusna19.blogspot.com

Hewan peliharaan ini sedang populer dikalangan para anak muda pecinta reptil. Hewan berbentuk mungil dan unik hampir dapat kita temui di seluruh perairan dunia di daerah tropis atau subtropis, baik air laut ataupun air tawar.
Salah satu keunikan hewan ini adalah pada proses tidurnya jangka panjangnya yang disebut hibernasi. Proses tersebut merupakan salah satu bentuk pertahanan dirinya terhadap cuaca yang ekstrim. Ia akan merendamkan tubuhnya ke dalam lumpur sepanjang masa-masa ekstrim itu berjalan.
Akan beda halnya dengan kura-kura yang dipelihara di dalam kandang, mereka tidak melakukan hibernasi. Hal tersebut karena kebutuhan akan makanan dan keamanannya terjaga.
Jenis kura-kura yang sekarang populer dijadikan peliharaan adalah jenis kura-kura Brazil yang mana hewan ini memiliki bentuk tubuh yang sangat unik dan menarik perhatian beberapa pecinta reptil dan masyarakat umum.

10. Tarantula – Serangga yang Katanya ‘Beracun’

hewan peliharaan

pixabay.com

Siapa yang tak mengenal salah satu jenis laba-laba terbesar di dunia ini. Menurut mitos yang beredar, tarantula memiliki gigitan yang dapat menyebabkan kematian pada manusia. Namun, apakah ini benar adanya?
Hingga saat ini, belum ada fakta dan data yang valid mengenai kematian yang disebabkan karena gigitan seekor tarantula.
Di Indonesia, kini tarantula menjadi hewan yang disebut exotic animal yakni, satwa liar yang dirawat untuk dijadikan hewan peliharaan di rumah. Akan tetapi, sang pemilik tarantula tetap harus memperhatikan aspek-aspek keamanan ketika merawatnya.
Tarantula walaupun jinak saat dipelihara, namun karena ia merupakan satwa liar tentu insting liarnya tidak akan pernah hilang. Oleh sebab itu, bagi pemula sebaiknya mengetahui terlebih dahulu jenis serta karakteristiknya agar mudah ketika memeliharanya.

11. Monyet – Hewan Peliharaan yang Penuh Aksi

hewan peliharaan

pixabay.com

Tidak seperti hewan yang lain, memelihara seekor monyet merupakan sebuah tantangan yang cukup besar. Pada satu sisi mereka bisa jadi hewan yang lucu, namun pada lain waktu mereka bisa saja berubah agresif tentu dengan sebab-sebab tertentu.
Kita perlu banyak tenaga,waktu, bahkan uang saat berkomitmen memelihara monyet sebagai hewan peliharaan. Selain itu, kesabaran dan kasih sayang merupakan aset utama saat nantinya sudah mulai memelihara seekor monyet.
Bacalah terlebih dahulu berbagai referensi mengenai jenis-jenis monyet beserta sifat-sifat alaminya. Cobalah bertemu dan bercakap-cakap dengan seseorang yang memelihara monyet dan galilah informasi apapun tentang monyet.

12. Kuda – Hanya Milik Mereka yang Fanatik Dengannya

hewan peliharaan

pixabay.com

Karena ukuran tubuhnya yang lebih besar dari jenis hewan peliharaan lain membuat kuda tak begitu banyak dipelihara oleh manusia. Faktor pakan yang terbilang sulit untuk didapatkan juga merupakan penyebab jarangnya hewan ini tampak berada di lingkungan rumah.
Jikalau ada orang yang memelihara hewan ini, kemungkinan besar karena terdorong kebutuhan atau sebagai sebuah hobi. Kuda tergolong hewan yang mudah untuk dijinakkan, namun banyak orang malah enggan untuk merawatnya dengan pertimbangan yang telah disebutkan di atas.

13. Ular – Hewan Peliharaan yang Melilit Hatimu

hewan peliharaan

pixabay.com

Mungkin dari sekian jenis hewan peliharaan yang telah disebutkan, ular merupakan salah satu yang paling sedikit dipelihara selain kuda. Alasannya, tentu karena ular dikenal mempunyai bisa (racun) yang kadang bisa menimbulkan kematian bagi yang terkena.
Jangankan untuk merawatnya, dengan melihatnya saja kadang sebagian orang sudah banyak yang melarikan diri. Seekor ular piton bahkan bisa membunuh mangsanya seperti kambing atau sapi dengan hanya melilitnya. Namun, ada jenis ular tertentu yang tidak memiliki bisa sama sekali dan jenis inilah yang mayoritas penghobi pilih untuk dijadikan hewan peliharaan.
Sebenarnya kita tak perlu takut pada ular, karena ular sendiri takut akan kehadiran manusia. Ular tidak akan mampu menandingi kita karena gerakannya yang lamban. Hanya saja, persepsi kebanyakan orang sudah menganggap ular itu hewan yang sangat mematikan sehingga kemudian ditakuti.
Ular termasuk reptilia bertubuh panjang dan tak berkaki serta memiliki sisik layaknya kadal sehingga termasuk dalam kelompok kadal bersisik/Squamata. Perbedaannya adalah kadal memiliki kaki, lubang telinga, dan kelopak mata yang bisa dibuka tutup.
Ketahuilah terlebih dahulu jenis-jenis ular yang sering dan biasa dipelihara oleh manusia. Tanyakan kepada mereka yang memelihara ular dan dapatkan informasi apapun dari orang tersebut mengenai cara memelihara ular.

14. Sugar Glider – Satwa Liar Mungil dari Aussie

hewan peliharaan

pixabay.com

Mengapa dinamai sugar glider? Alasannya adalah karena hewan peliharaan ini sangat suka terhadap makanan yang manis seperti nectar bunga di dalam hutan dan dapat melayang/glider dari satu titik ke titik yang lainnya.
Memiliki nama Latin Petaurus breviceps, hewan berukuran kecil ini termasuk arboreal, marsupial, dan omnivora. Bentuk hewan ini seperti seekor tupai terbang.
Habitat asli hewan nocturnal ini adalah Papua dan Australia dan sering kita temui di hutan yang banyak ditumbuhi pohon eucalyptus.
Makanan utamanya adalah serangga, hewan-hewan kecil serta getah manis yang ada di acaciagumtress, dan eucalyptus. Jika kita merawatnya dengan benar, seekor sugar glider bisa hidup hingga 14 tahun lamanya.

15. Landak Mini – Siapa yang Tahan Dengan Pesona Hewan Peliharaan Satu Ini?

hewan peliharaan

pixabay.com

Landak termasuk mamalia yang berasal dari keluarga Erinaceinae, memiliki 16 jenis spesies berbeda yang bisa kita temukan di Asia, Afrika, Eropa dan Selandia Baru. Duri di badan landak mini membuat hewan peliharaan ini sangat mudah untuk dikenali. Duri-duri tersebut merupakan rambut berongga yang bertekstur keras.
Tidak seperti landak hutan, landak mini tergolong aman dipelihara karena durinya tidak mengandung racun. Pada awal memegangnya mungkin akan terasa sakit, namun jika sudah terbiasa maka rasa sakitnya hanya seperti saat memegang sikat rambut.
Landak mini termasuk hewan nocturnal yang mana ia akan aktif saat malam hari tiba. Pada siang harinya, ia lebih memilih untuk bersembunyi di tempat-tempat yang gelap.
Walaupun landak mini termasuk insektivora (pemakan serangga), kita bisa memberi makannya dengan pakan buatan seperti pakan kering untuk kucing dan anjing. Tidak cukup hanya itu, kita juga perlu mengkombinasikan pakan kering tersebut dengan serangga kecil atau ulat.
Perlu diperhatikan jangan pernah memberikan susu kepada landak mini karena ususnya sangat sensitif terhadap protein susu yang akan mempengaruhi sistem pencernaannya nanti.

16. Ubur-Ubur – Peliharaan yang dijadikan penghilang stress dikala suntuk

akuarium mini ubur ubur

akuarium ubur ubur via Kickstarter.com

Masih belum banyak yang mengetahui tentang ubur ubur yang bisa dijadikan hewan peliharaan di dalam akuarium. Tidak semua jenis ubur ubur bisa dipelihara. Saat ini yang paling umum dipelihara adalah jenis ubur-ubur upside-down jellyfish.
Untuk jenis yang lain dan biasa dipeluhara juga diantaranya ubur-ubur bulan, ubur-ubur laguna dan ubur-ubur blue blubber. Dengan keunikan yang berbeda-beda. Biasanya binatang laut ini dimasukkan dalam akuarium khusus yang dilengkapi dengan lampu led untuk mempercantik penampilannya.
Makanan dari ubur ubur adalah hewan kecil dan juga plankton. Bisa dibilang tidak mudah untuk didapatkan. Dengan melihat keindahan dari ubur ubur serta gerakan lucu naik turunnya akan menjadikan kegiatan memelihara ubur ubur sebagai hiburan tersendiri.

17. Kalajengking – Kesan keren kamu dapatkan ketika memelihara hewan ini

kalajengking hitam untuk dipelihara

kalajengking hitam dengan capit besar via photobucket.com

Kalajengking menurut kebanyakan orang adalah hewan yang menakutkan juga mengerikan. Tetapi memelihara kalajengking di kalangan pencinta hewan unik dianggap ‘keren’ untuk dipelihara. Kalajengking terbilang mudah untuk dipelihara, baik untuk yang berpengalaman maupun bagi mereka yang masih pemula.
Hal terpenting dalam memelihara kalajengking adalah kebersihan kandang harus selalu dijaga. Untuk pemula hindari kalajengking yang mempunyai racun/bisa yang berbahaya. Ciri kalajengking berbisa kuat adalah memiliki ekor gemuk dan capit yang kecil. Kalajengking jens ini menggunkan kandungan racun pada ekor untuk melumpuhkan buruan.
Sedangkan kalajengking dengan bisa yang tidak begitu berbahaya, mempunyai ciri ekor kecil dengan capit yang besar kuat. Mereka menggunakan capit sebagai senjata utama untuk melumpuhkan mangsa. Untuk di Indonesia sendiri tidak ada kalajengking yang mempunyai bisa mematikan. Jadi inshaAllah semua jenis kalajengking dari indonesia bisa untuk dijadikan binatang peliharaan.

18. Axolotl – Kadal anti mainstream yang menyerupai ikan

memelihara tiga axolotl

axolotl bermata gelap via www.caudata.org

Axolotl adalah hewan amfibi setipe dengan salamender, hewan dengan kaki ini benar benar unik. Asal binatang ini adalah Meksiko. Saat ini keberadaan Axolotl sangat dilindungi karena keberadaannya sudah langka. Kadal jenis satu ini bisa mencapai umur 15 tahun dengan panjang mencapai 60 sentimeter.
Seringkali masyarakat mengira axolotl sebagai ikan karena mempunyai tubuh seperti ikan. Keunikan lain terletak pada insang yang berada di luar tubuh, insang ini tepatnya berada di samping kepala, dilihat sepintas menyerupai tanduk. Ikan berkaki yang mempunyai tanduk. Aneh bukan?.
Untuk kamu yang berniat memelihara Axolotl terbilang mudah. Meski tergolong hewan amfibi binatang peliharaan ini lebih banyak menghabiskan waktu hidupnya berada dalam air. Makanan utamanya adalah cacing dan udang beku, jangan menggunakan pakan hidup agar terhindar dari penyakit.

19. Burung Hantu – Hewan cerdas yang ‘menyeramkan’

berfoto bersama burung hantu

berfoto bersama burung hantu via licdn.com

Dalam bahasa inggris dinamakan owl. Di Indonesia disebut Burung Hantu karena burung ini adalah tipe binatang noktunal, binatang yang hidup di malam hari, dan dengan susunan wajah yang sedikit menyeramkan maka disebutlah burung hantu. Untuk pemeliharaannya burung hantu tidak bisa disamakan dengan burung kicauan.
Burung hantu memiliki kecerdasan yang melebihi burung kiacauan. Mereka butuh untuk disapa oleh pemiliknya supaya cepat jinak, untuk menumbuhkan rasa percaya kepada pemilik. Dalam perawatan burung hantu tidak butuh sangkar. Karena jika dimasukkan dalam sangkar membuatnya lebih setres dan semakin sulit untuk dijinakkan.
Gunakan tenggeran/tempat bertengger untuk si burung hantu sebagai rumahnya, jangan lupa mengikat tenggeran dengan kaki burung. Burung hantu yang terbiasa hidup di alam liar sangat berbahaya untuk dipelihara. Mereka termasuk binatang dengan cakar dan paruh yang kuat dan bisa dimanfaatkan petani untuk dilatih menjadi pemburu tikus diarea persawaahan.

20. Musang – Peliharaan liar tapi jinak, eh?

memelihara musang

memelihara musang via komunitascfdsolo.blogspot.co.id

Bagi pehobi musang sangat cocok dijadikan alternatif hewan kesayangan. Buat kamu yang berniat memelihara binatang ini harus berhati-hati. Karena musang memiliki kecenderungan untuk menyerang/mengigit siapapun yang berda di dekatnya. Binatang ini sangatlah aktif, mereka suka mengeksplor menjelajahi hal hal baru.
Binatang satu ini cocok sebagai peliharaan alternatif, yang memiliki kelebihan diantaranya, makanan untuk musang terbilang mudah didapatkan yaitu pisang dan nasi. Selain itu juga musang tidak mengelurkan suara jadi tidak berisik. Kotoran musang juga tidak sebau binatang peliharaan lain.
Jika berniat memelihara disarankan untuk memulainya sejak musang masih bayi. Karena binatang ini termasuk hewan liar, jika memelihara dari tangkapan di hutan akan lebih sukar untuk dijinakkan. Terdapat beberapa varian musang yang bisa dijadikan sahabat. Diantaranya musang pandan, musang bulan, musang rase, dan musang akar.

21. Semut – Banyak kok yang menjadikannya peliharaan

kandang semut ternak

kandang semut via alicdn.com

Hewan kecil satu ini bisa dibilang tidak populer di Indonesia untuk dipelihara. Namun di Jerman, dihargai mencapai 100 euro atau berkisar 1 juta rupiah untuk satu koloni semut. Memilih semut sebagai hewan peliharaan bukan tanpa alasan. Semut termasuk binatang mandiri dan bisa bekerja keras, dalam perawatan tidak perlu memakan tempat banyak, tidak pula kotor dan berisik.
Bahkan di Berlin terdapat toko khusus yang menyediakan dan menjual semut untuk dijadikan hewan peliharaan, peminatnya pun tidak sedikit. Hal lain yang membuatnya menarik adalah kehidupan sosial semut, mereka menjalin komunikasi permanen diantara sesamanya. Mereka bekerja bersama dalam segala hal.
Dari mulai memperbesar sarang, berbagi makanan, berburu makanan, sistem pembagian kerja yang rapi, dan masih banyak hal lain yang membuatnya menarik. Untuk memeliharanya bagi pemula bisa memulai dengan semut biasa yang terdapat di alam. Sedangkan semut eksotis yang dilindungi biasanya perlu perizinan khusus dari pemerintah setempat.

22. Kecoa Madagaskar – banyak digandrungi peternak

memelihara kecoa madagaskar

kecoak madagaskar vi aexpi.com

Mendengar nama kecoa yang terlintas di benak kita tentunya binatang bau yang menjijikkan yang ada di sudut-sudut tempat kotor dan lembap. Namun pandangan tersebut hanya berlaku untuk kecoak lokal. Berbeda jauh dengan Kecoa Madagaskar yang tengah digandrungi untuk ternakkan dan dipelihara.
Kecoa Madagaskar dipandang pehobi memiliki keunikan dan tubuh yang eksotis sehingga layak untuk dipelihara. Mempunyai nama latin Grompadorhina Portentosa kecoa ini adalah salah satu spesies kecoa terbesar di muka bumi. Ketika berusia lebih dari setahun panjang Kecoa Madagaskar mencapai 13 cm.
Keunikan lain terdapat pada suara desisan sayap yang ditimbulkan jika kamu menekan badan kecoa ini. Selain dipelihara Kecoa ini juga diternakkan, untuk dijual lagi dan terkadang dijadikan pakan untuk reptil, ikan, tarantula, sugar glider dll. Hewan ini mempunyai kandungan protein lebih tinggi daripada pakan jangkrik.

23. Serangga Batang – Hewan peliharaan anti mainstream

hewan peliharaan serangga batang

serangga batang yang bisa dijadikan hewan peliharaan jejakpenaade.wordpress.com

Serangga batang atau biasa dikenal dengan serangga tongkat terdapat 3.200 spesies serupa yang merupakan anggota ordo serangga yang dikenal dengan nama latin Phasmatodea. Mempunyai tubuh yang menyerupai batang pohon yang difungsikan untuk bersembunyi dari predator dengan menyamarkan diri diantara ranting pepohonan.
Di Vietnam para ilmuwan pernah menemukan binatang ini dengan ukuran panjang mencapai 60 cm. menjadikannya sebagai salah satu serangga terbesar. Untuk memeliharanya pun cukup mudah. Sediakan wadah toples plastik yang lumayan besar dengan tutup yang telah dilubangi sebelumnya.
Makanan mereka adalah dedaunan yang bisa kita dapatan dimana-mana, untuk minuman tak perlu wadah cukup semprotkan air di daun yang kita siapkan. Untuk suhu tetap harus dijaga jangan sampai terlalu panas atau terlalu dingin. Serangga batang hanya berumur pendek maksimal 2 tahun.

24. Burung Macaw – Peliharaan menawan

burung maccaw sebagai burung peliharaan

bermain dengan burung maccaw via parrot-bird.com

Tentunya kalian pernah melihat film Rio, filem petualangan yang menceritakan jenis burung langka bernama Blue sebagai tokoh utamanya. Tokoh blue dalam film tersebut adalah burung berjenis macaw biru (Hyacinth Macaw) berasal dari Brazil. Burung macaw sendiri awalnya berasal dari Amerika Selatan.
Di dunia terdapat banyak jenis burung macaw diantaranya termasuk hewan yang dilindungi dan diatur penjualannya oleh undang-undang dikarenakan terancam punah. Untuk di Indonesia yang biasa dipelihara oleh pehobi adalah blue & gold macaw, burung jenis ini banyak sekali dijual di petshop atau pasar burung biasa dikenal dengan macaw biru kuning / ara ararauna.
Macaw bukan termasuk burung kicau, melainkan jenis burung hias yang dinikmati keindahan warna dan aksinya. Macaw termasuk burung cerdas yang bisa dilatih untuk menghafal tuannya, terbang bebas dan kembali dan melakukan atraksi. Merupakan burung pemakan biji bijian. Burung ini bisa memecahkan jenis biji yang mempunyai cangkang keras dengan paruh bengkoknya.

25. Leopard Gecko – Peliharaan pecinta reptil sejati

gecko sebagai hewan peliharaan

memelihara gecko via www.onlinegeckos.com

Bagi pencinta reptil, jenis reptil hias semisal leopard gecko sangat diminati banyak kalangan. Leopard gecko sendiri di masyarakat dikenal dengan tokek Pakistan atau tokek macan tutul. Ini berdasar bentuk dan motif yang menawan dari gecko. Gecko ini berasal dari Pakistan, India dan Iran.
Gekco beraktifitas di malam hari (hewan nocturnal). Untuk memeliharnya sangatlah mudah cukup hanya dengan menggunakan kandang dari toples wadah makanan berukuran 90x45x45 cm yang telah dilubangi untuk sirkulasi udara. Sediakan juga tempat lembap di pojok kandang untuk tempat berganti kulit.
Menu utama gecko adalah serangga, yang paling mudah didapat adalah jangkrik. Gecko dewasa bisa diberikan 10 ekor jangkring untuk 2-3 hari sekali. Ketika masih bayi 3 jangkrik dalam sehari. Serangga yang diberikan jangan terlalu besar. Untuk pemberian pakan yang bergizi, sebelum diberikan ke gecko jangkrik diberi makan dengan sayuran terlebih dahulu.

26. Bearded Dragon – Hewan purba yang mudah dipelihara

bearded dragon sebagai hewan peliharan

hewan peliharaan purba bearded dragon via miror.co.uk

Reptil satu ini berasal dari Australia, memiliki tubuh menyerupai Iguana. Dinamakan Bearded Dragon lantaran berbentuk seperti naga yang memiliki jenggot (beard). Bearded dragon pada umumnya bisa bertahan hidup sampai 8 tahun.
Bearded Dragon mempunyai kebiasaan berjemur diatas bebatuan. Hewan ini memiliki habitat asli di daerah kering dan bebatuan seperti hutan terbuka (penuh semak) dan kawasan semi gurun. Ketika memeliharanya sesuaikan kondisi kandang dengan habitat aslinya. Gunakan lampu pijar untuk menjaga suhu kandang agar tetap panas.
Kamu bisa memberikan makanan jenis apapun untuk reptil ini. Karena tipe pemakan segala (omnivora) bisa buah, bunga, serangga, sayuran, jangkrik dll. Hewan ini juga suka bersosialisasi, bermain main dengan kita. Sesekali ajak keluar agar bisa berjemur merasakan panas matahari langsung.

27. Umang-umang (Hermit Crab) – Peliharaan segala usia

umang umang berukuran besar

umang umang raksasa via alaskahermit.com/

Umang-umang atau biasa disebut keong. Meski hewan ini terbilang populer tetapi tak banyak orang yang serius tertarik untuk memeliharanya. Habitat asli kelomang darat adalah di pantai. Ketika siang mereka lebih sering bersembunyi. Mereka mencari makan pada malam hari. Untuk memeliharanya kita perlu membuat kandang menyerupai habitat aslinya. Supaya mereka betah tinggal dan berumur panjang.
Makanan umang-umang kita bisa berikan berupa sawi, wortel, apel, pisang, kacang, ikan dan lainnya, karena pada dasarnya umang-umang adalah pemakan segala, omnivora. Minuman yang kita sediakan baiknya berupa air tawar dan air asin.
Jangan lupa sediakan rumah (cangkang) karena pada dasarnya mereka hanya meminjam/memakai cangkang dari siput yang sudah mati. Rumah ini layaknya baju, jika sudah semakin besar mereka harus berganti cangkang yang lebih besar pula. Jika dipelihara tentunya kita perlu menyediakan cangkang kosong.

28. Sigung – Peliharaan cantik yang sedikit ‘bau’

memelihara sigung

sigung sebagai hewan peliharaan via edia.jrn.com

Sepintas mamalia ini menyerupai musang dengan bulu yang indah. Sigung mempunyai kemampuan mengeluarkan bau busuk untuk mempertahankan dirinya. Sebelum mengeluarkan bau busuk binatang cantik ini akan memperingatkan musuhnya dengan menundukkan kepala dan mengangkat ekornya. Jika predator masih tetap nekat sigung akan langsung menyemburkan bau busuk ke arah musuh.
Sigung yang menjadi hewan peliharaan umumnya kelenjar bau busuk pada tubuhnya dihilangkan dengan cara operasi. Namun untuk saat ini di Indonesia masih jarang ditemukan tempat operasi pengangkatan kelenjar bau pada hewan omnivora ini. Kalaupun ada,Biaya operasinya tidak sedikit.
Sigung di indonesia memiliki moncong panjang dan berbulu lebat dan panjang, dengan dominasi warna hitam atau coklat tua dan belang putih. Bisa dibilang bahwa sigung binatang yang sangat tidak tahan terhadap lapar, seringkali stres karena kelaparan. Untuk kandang bisa disamakan dengan kandang kucing yang diberi alas kain bersih. Makanan yang umum diberikan adalah nasi merah, fillet ikan, daging ayam, sereal, kacang tanah, sayur, buah buahan, keju, sayuran yang dilakukan 3 sampai 5 kali sehari.

29. Fennec Fox – Hewan hiperaktif yang lucu

fannec fox

fannec fox via www.sbs.com.au

Dari semua jenis rubah, fennec fox merupakan rubah terkecil. Panjangnya hanya 35-42 cm. Di Indonesia sendiri belum banyak yang memelihara Fennec Fox. Sekilas tampilan Fennec Fox sangat mirip dengan anjing cihuahua modern. Keduanya sama-sama berhabitat di gurun. Rambut tubuh mereka berwarna krem terang yang berfungsi untuk kamuflase dari predator.
Telinga Fennec Fox memiliki telinga yang mampu menjangkau suara dengan jarak lebih dari 20 mil dan pada kedalaman lebih dari 10 kaki. Ini karena bentuk telinga Fennec Fox yang memanjang. Ketika berlari hewan ini bisa mencapai kecepatan 20 mph berkat kaki mereka yang ramping.
Jenis makanan yang diberikan untuk Fennec Fox biasanya tikus, buah, tanaman, serangga, juga reptil-reptil kecil. Makanan mereka berbeda dengan anjing rumahan. Kesemua makanan tersebut bisa dicampurkan. Fennec Fox bisa dibiarkan bermain bebas jika sudah hafal jalan pulang. Karena hewan ini tergolong hewan yang sangat aktif.

30. Marmut – Binatang liar menggemaskan

marmut sebagai binatang peliharaan

marmut bermain dengan seorang anak via thenestedblog.com

Marmut adalah salah satu jenis binatang pengerat dengan habitat asli di daerah pegunungan atau dataran tinggi. Banyak masyarakat memeliharanya lantaran bentuk tubuh yang menggemaskan. Tak sedikit yang mencoba untuk membudidayakannnya, karena diniliai mudah dalam perawatan juga mempunyai harga jual yang tidak sedikit.
Hewan ini mempunyai ciri fisik sama dengan hamster namun dengan ukuran yang lebih besar dari hamster. Dengan di balut bulu halus beraneka warna dari mulai putih, coklat tua, hitam dan coklat muda. Harga marmut dipasaran berkisar Rp. 50.000 sampai Rp. 400.000 tergantung ukuran dan jenis marmut.
Untuk peliharaan baiknya membeli sepasang, 1 pejantan dan satu betina. Membeli sepasang agar marmut tidak kesepian juga memberi peluang untuk berkembang biak menambah koleksi. Marmut biasa diberi makanan jadi khusus, yang bisa dibeli di toko-toko hewan peliharaan. Bisa juga ditambahkan makanan alami dari sayur dan buah-buahan.

31. Gurita – Buat yang bosan memelihara ikan

gurita

gurita dalam akuarium via awarewithwords.com.au

Tidak sedikit dikalangan pehobi yang tertarik untuk memelihara hewan laut ini. Memelihara gurita di dalam akuarium memang gampang-gampang susah. Akuarium yang kita sediakan haruslah menyerupai habitat aslinya. Air yang diberikan haruslah air laut / air asin, sediakan juga media laut didalamnya semisal karang, pasir laut dll, sesuai standar akuarium air laut.
Makanan yang diberikan ke gurita adalah cacahan daging udang kecil, cacing beku yang bisa diberikan setiap pagi, sore dan malam hari. Dalam memelihara gurita kebersihan akuarium haruslah dijaga. Kebanyakan penyebab kematian gurita peliharaan adalah karena kondisi air yang kotor. Air laut baiknya diganti setiap 2-3 minggu sekali.
Akuarium tempat gurita harus ditutup bagian atasnya untuk menghindari gurita keluar. Pencahayaan ruangan tempat akuarium juga diperhatikan karena gurita tidak membutuhkan cahaya terlalu banyak cahaya. Dan lagi gurita adalah hewan nocturnal, hewan yang aktif di malam hari.

32 – CHINCHILLA

hewan peliharaan eksotis
Mirip tikus, tapi bukan
Uwuwuwuwuw! :3
Lihat deh mukanya, cubangets kan? Chinchilla ini termasuk hewan yang ramah dan cocok untuk dipelihara oleh keluarga. Namanya kedengaran kayak nama-nama minuman ala Meksiko gitu ya, gaes.
Hewan yang sekilas mirip tikus putih ini termasuk hewan yang rapuh, artinya hewan ini perlu perlakuan yang sangat hati-hati dalam memegangnya. Sedikit saja kamu menggeggamnya terlalu erat, Chinchilla akan merasa kesakitan.
Sisi baik dari hewan peliharan unik yang satu ini adalah lapisan bulunya yang tebal dan lembut, serta hewan ini hampir tidak mengeluarkan suara.

33 – BUAYA

hewan peliharaan buas
Utuk utuk utuk~
Nah, kalau hewan yang satu ini termasuk hewan yang populer. Kalau kamu pernah menonton pemburu buaya Steve Irwin dari Australia, kamu pasti tau seberapa besar hewan yang satu ini bisa tumbuh.
Seperti kadal naga, buaya yang masih berukuran kecil juga sebenarnya tidak begitu galak. Setidaknya, sampai ukuran tubuh mereka sama.
Saya sendiri bisa memelihara hewan-hewan eksotis sebagai hewan peliharaan, tapi kalau yang satu ini –enggak deh. Pada akhirnya, buaya kecil itu akan tumbuh semakin besar dan membutuhkan semakin banyak makanan. Serem!

34 – IKAN PIRANHA

hewan peliharaan yang unik
Mirip ikan bawal
Kalau kamu suka nonton serial kartun Marsupilami, kamu pasti tau dong seganas apa ikan yang satu ini. Meski kelihatannya mirip ikan bawal yang biasa dijual di rumah makan padang, tapi jangan samakan kelakuan ikan ini dengan ikan bawal.
Kalau kamu lebih suka tipe ikan yang anteng, tenang, kalem seperti ikan arwana atau ikan cupang, kami sarankan kamu untuk jauh-jauh deh dari karnivora asal Amazon ini.
Mereka ini ibarat ‘singa’-nya sungai. Mencari makan dengan berkelompok, dan dapat menghabiskan seekor kancil dalam waktu sekejap!
Oh iya, kalau kamu mau memelihara piranha, jangan pernah memberi makan ikan ini dengan tanganmu. Karena pada dasarnya, hewan peliharaan unik yang satu ini sangat suka dengan pakan ikan hidup. Meskipun, mereka juga nggak akan nolak kalau dikasih cacing biasa.

35 – ULAR BOA

Tidak seperti kebanyakan ular di dunia, ular boa adalah tipe ular constrictor, yang artinya ular besar dan tidak berbisa. Ular tipe ini mencari makan dengan cara melilit tubuh mangsanya.
Di samping dapat menjadi hewan peliharaan unik, ular boa adalah reptil yang cukup populer di kalangan para pecinta hewan.
Ular boa dapat tumbuh hingga mencapai panjang 18 meter lho, gaes. Ular boa juga sangat cocok dengan iklim di Indonesia, meskipun asal ular ini adalah dari wilayah Amazon. Sama-sama beriklim tropis.

36 – GALAGO (BUSH BABY)

Galago adalah jenis hewan lucu yang berasal dari keluarga Lorisidae. Primata kecil ini berasal dari hutan hujan Afrika, dan hewan ini termasuk hewan nokturnal. Makanan favoritnya adalah serangga, burung kecil, dan buah-buahan.
Kalau sudah besar, ukurannya dapat menyerupai seekor tupai atau bajing. Galago juga dikenal sebagai peloncat yang handal, bahkan dia memiliki kemampuan meloncat hingga 2 meter dari dahan ke dahan.

37 – TAMANDUA PUTIH

Kalau di rumahmu ada halaman belakang dan banyak sarang semutnya, mungkin tidak ada pembasmi alami yang lebih baik dari Tamandua ini, yang mana merupakan pemakan semut.
Tamandua sangatlah lucu dan imut. Sebenarnya tamandua ini masih memiliki kerabat dengan trenggiling. Kalau kamu punya hewan peliharaan unik seperti ini, dijamin deh bakal menarik perhatian.

38 – KINKAJOU

Kinkajou disebut juga sebagai beruang bunga. Meskipun ada kata-kata ‘beruang’-nya, tapi kinkajou tidak semenyeramkan itu, kok. Lucu malah. Namun sebenarnya hewan ini termasuk keluarga rakun.
Hewan ini sangat atraktif, lumayan berisik, dan juga suka berinteraksi dengan pemiliknya. Jadi kalau kamu memutuskan untuk memeliharanya, siap-siap saja rumahmu jadi ramai.

39 – KELEDAI MINI

Keledai mini merupakan hewan peliharaan unik yang sangat lucu dan interaktif untuk dimiliki. Memiliki reputasi buruk sebagai hewan yang bodoh bukan menjadi masalah, karena sebenarnya keledai memiliki ingatan yang cukup kuat untuk membangun kedekatan dengan pemiliknya.
Meskipun sifat-sifat dasar keledai yang terkadang tidak melakukan apa yang diperintahkan, keledai mini ini adalah hewan yang cukup populer dan menjadi hewan peliharaan yang baik untuk anak-anak.

40 – KAMBING PYGMY

Kambing pygmy adalah jenis kambing mini (dwarf)  yang lembut dan sangat interaktif. Kambing ini sangat senang berkumpul dengan sesamanya, jadi sangat disarankan untuk memeliharanya paling tidak sepasang.
Percaya deh, kambing pygmy adalah hewan peliharaan yang sangat pas ukurannya dan sangat cocok untuk dipelihara oleh anak-anak.

41 – MONYET SQUIRREL

Siapa yang nggak suka dengan primata yang satu ini? Monyet asal hutan tropis Amerika Tengan dan Selatan ini adalah monyet yang sangat mengagumkan. Beratnya kira-kira hanya 1 kg saja.
Monyet squirrel adalah primata dengan ukuran otak paling besar dibanding primata yang lainnya, memungkinkan hewan ini untuk lebih mudah beradaptasi dengan si pemilik.
Namun, kamu perlu hati-hati. Karena monyet squirrel memiliki kebiasaan untuk meratakan air kencingnya ke bulu-bulu di kaki, tangan, dan bahkan sekujur tubuhnya. Hal ini dilakukan untuk menandai bahwa itu adalah daerah kekuasannya.

42 – KUCING BENGAL

Kalau kamu pecinta kucing seperti saya, kamu pasti akan suka dengan kucing bengal ini. Kucing ini disebut juga sebagai kucing blacan. Hal yang paling menonjol dari kucing bengali adalah, warna coraknya yang seperti macan.
Sangar deh. Kucing ini bisa tumbuh lumayan besar dengan otot dan tulang yang kuat. Oh iya, kenapa kucing ini memiliki corak seperti macan, adalah karena kucing bengal merupakan hasil perkawinan kucing American shorthair dengan Asian leopard. Wah pantesan ya!

43 – KUCING GENETTA

Genetta adalah salah satu ras kucing domestik baru yang ditemukan oleh Shannon Kiley pada tahun 2006 di Pawstruk Cattery. Kucing ras Genetta termasuk tipe kucing dwarf atau kucing kerdil.
Kucing genetta lahir dari persilangan ras Munchkin, Savannah dan Bengal. (wow!) Kucing ini adalah kucing berkaki pendek dengan pola warna tutul dan marmer yang eksotis yang dibuat agar mirip genet Afrika, mengingat genet Afrika sendiri cukup sulit ditemukan.

44 – KAPIBARA

Kapibara adalah hewan pengerat yang mungkin paling besar di antara hewan pengerat lainnya. Meskipun kapibara merupakan hewan peliharaan unik dan tidak biasa, mereka adalah tipe hewan yang suka bersosial dan bekerjasama dengan kelompoknya.
Jadi kalau kamu ingin memelihara satu ekor saja, sepertinya hewan ini akan merasa kesepian. Kapibara juga merupakan tipe hewan akuatik. Kalau kamu punya kolam atau rumahmu dekat sungai atau empang, hewan ini akan cocok denganmu.

45 – LLAMA

Hewan peliharaan unik kita yang selanjutnya adalah llama. Dari tampilan fisik, mereka terlihat seperti hewan gabungan antara onta dengan keledai. Llama adalah hewan peliharaan yang lemah lembut, sangat cocok sebagai teman bermain anak-anak.

46 – RUBAH SILVER

Rubah pada umumnya berasal dari wilayah Siberia, dan begitupun dengan rubah silver. Hewan lucu ini kini banyak ditemui di Rusia, dan di sana, rubah silver merupakan hewan yang umum dipelihara layaknya seekor anjing.
Namun sayangnya, tidak banyak importir dari hewan ini, mungkin kamu harus membelinya langsung ke Rusia. Dan kalaupun ada, harganya bisa sangat mahal.

47 – WALLAROO

Kalau kamu mau memelihara hewan yang benar-benar outstanding, sepertinya wallaroo adalah pilihan hewan yang sangat tepat. Hewan ini adalah hewan peliharaan unik yang sangat khas dan berkarakter, mengingatkan kita pada kerabatnya, kangguru.
Layaknya seekor kangguru, wallaroo adalah hewan marsupial (memiliki kantung) dan juga merupakan hewan yang kuat. Namun demikian, wallaroo adalah hewan yang ramah terhadap majikannya, terlebih lagi jika sudah dirawat sejak kecil.

48 – KUDANIL

Nggg… Kayaknya enggak, deh.
Pertama, kita tidak mungkin memelihara di rumah seekor kudanil dewasa karena ukurannya amat besar, makannya sangat banyak, dan juga beratnya bisa mencapai satu ton.
Kedua, bayi kudanil adalah makhluk yang sangat rentan, diperlukan perawatan yang sangat ekstra untuk merawat bayi kudanil agar tetap bisa bertahan hidup. Dan juga, bayi kudanil masih membutuhkan susu dari induknya.

49. Genet

Bosan dengan kucing mungkin kamu bisa mencoba memelihara Genet. Hewan sama persis seperti kucing. Hanya saja ia bisa dibilang lebih cantik dan punya ciri khas fisik yang unik. Totol di tubuhnya mirip dengan jaguar atau leopard. Genet juga punya ekor yang menjuntai panjang. Satu lagi, karakteristik wajahnya unik dengan telinga besar dan bulat.



Bosan dengan kucing mungkin Ganet yang keren ini bisa kamu pelihara [Image Source]
Bosan dengan kucing mungkin Ganet yang keren ini bisa kamu pelihara [Image Source]

Genet tidak terlalu agresif dengan manusia, apalagi kalau dipelihara mulai dari kecil. Perawatannya juga tak terlalu susah. Intinya, hewan ini sama seperti kucing, hanya saja ia punya beberapa ciri yang berbeda.

50. Serval

Serval masih punya hubungan kekerabatan dengan kucing. Hal ini bisa diliat dari penampilannya yang begitu mirip dengan si musuh anjing itu. Hanya saja Serval punya karakteristiknya sendiri. Tubuhnya sedikit lebih besar dengan kaki-kaki yang jenjang. Ia juga punya totol seperti leopard dan pada telinga agak lebih besar serta lancip.



Si angkuh ini bisa dijadikan peliharaan, tapi harus benar-benar berhati-hati [Image Source]
Si angkuh ini bisa dijadikan peliharaan, tapi harus benar-benar berhati-hati [Image Source]

Serval adalah binatang liar. Memeliharanya ketika sudah dewasa akan sangat menyusahkan apalagi kalau dibiarkan lepas. Hewan ini tak berbahaya bagi manusia, namun jika merasa tidak nyaman atau terganggu ia bisa menyerang. Kata orang-orang yang pernah memeliharanya, Serval adalah hewan yang angkuh.

51. Bobcat

Di Amerika Bobcat legal untuk dipelihara. Namun, tidak yakin apakah orang-orang akan mau memelihara hewan buas satu ini. Bobcat mungkin terlihat seperti seekor kucing biasa. Tapi, adalah hewan buas yang bahkan bisa sangat mematikan bagi manusia.



Memang keren, tapi Bobcat bisa membunuh manusia [Image Source]
Memang keren, tapi Bobcat bisa membunuh manusia [Image Source]

Bobcat berperawakan lebih besar dari kucing. Ia juga lebih gesit serta menampilkan sifat agresif yang tak main-main. Jika tetap keukeuh ingin memelihara hewan ini maka jangan pernah dilepaskan di dalam rumah. Biarkan ia berada di kandang yang nyaman dan jangan pernah mendekat barang sesentimeter pun.

52. Serigala

Memelihara serigala mungkin bisa dibilang bukan hal yang bagus, tapi juga bisa sebaliknya. Serigala memang mengesankan luar biasa, dan ia bisa jadi penjaga rumah yang kuat. Bahkan serigala juga bisa dipekerjakan untuk menarik kereta salju. Namun di sisi lain Serigala adalah hewan buas yang instingnya akan tetap sama sampai kapan pun.



Meskipun satu keluarga, anjing dan serigala benar-benar berbeda [Image Source]
Meskipun satu keluarga, anjing dan serigala benar-benar berbeda [Image Source]

Serigala sangat berbeda dengan anjing meskipun keduanya punya ikatan yang dekat. Memelihara serigala juga harus dari kecil. Karena jika mengadopsi yang besar, itu sama artinya kita memasukkan macan liar ke dalam rumah.

53. Monyet Tupai

Memelihara hewan satu ini takkan pernah ada yang namanya bosan. Monyet Tupai dikenal sangat cerdas dan punya rasa penasaran yang tinggi. Ketika ia ditunjukkan sesuatu yang baru, maka Monyet Tupai takkan berhenti bereksplorasi dengan benda tersebut.



Pintar dan suka kebersihan, Monyet Tupai bakal jadi peliharaan yang tak bikin susah [Image Source]


Mereka juga terkenal sangat higienis meskipun caranya menjijikkan menurut kita. Salah satu kebiasaan mereka adalah mencuci tangan, namun dengan menggunakan air seninya sendiri. Pokoknya, Monyet Tupai akan jadi peliharaan yang keren.

________________________________________________________________________


Yaa itulah berbagai macam Hewan Peliharaan Yang Unik Aneh Buas Berbulu Cerdas Eksotis Lucu Serangga Reptil Becangkang Air

Sekian !!!

Sumber 4 : http://www.boombastis.com/hewan-keren-legal-dipelihara/53740

Komentar

  1. makasih atas infonya, dan jangan lupa kunjungi web kami http://bit.ly/2wy3TDq

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Macam-Macam Jenis Kuda Terbesar Tercepat Terlengkap Di Dunia

Karakter One Piece Terkuat Terkeren Terfavorite Lengkap Dengan Bounty Tertinggi