Macam-Macam Jenis Kucing Besar Terlangka Terganas Terbuas Terbesar Lengkap Di Dunia

Macam-Macam Jenis Kucing Besar Terlangka Terganas  Terbuas Terbesar Lengkap Di Dunia

Kucing adalah hewan yang menggemaskan. Tingkah laku mereka selalu bisa membuat kita tersenyum.
Kucing kampung atau kucing ras yang kita pelihara sebenarnya termasuk dalam keluarga kucing kecil.
Kalau ada yang kecil berarti ada yang besar kan?
Ya benar, keluarga kucing besar memang ada. Mungkin yang paling terkenal adalah harimau dan singa. Tapi ada banyak jenis kucing besar selain mereka.
Banyak sekali jenis kucing di dunia ini terutama jenis kucing besar yang merupakan hewan karnivora. Namun siapa kira bahwa jenisnya yang sangat banyak ini terancam punah karena banyaknya perburuan liar dan hilangnya habitat mereka. Jenis kucing besar yang terancam punah ini bukanlah kucing besar biasanya yang dipamerkan di kebun binatang, namun kucing besar ini memiliki keunikan tersendiri. Berikut ini akan kami sampaikan beberapa jenis kucing besar terlangka di dunia.

1. Clouded Leopard


Foto Jenis Kucing Besar Clouded Leopard Close Up


Hewan ini merupakan endemik Pulau Sumatera dan Kalimantan. Di Indonesia mereka lebih dikenal dengan nama macan dahan.
Clouded leopard merupakan jenis kucing besar paling kecil dalam segi ukuran tubuh. Saat dewasa mereka memiliki panjang tubuh 95 cm dengan berat 25 kg.
Walaupun ukurannya tubuhnya kecil,  taringnya merupakan yang terbesar dan terpanjang di antara keluarga kucing besar lainnya. Panjang taringnya bisa mencapai 5 cm, lebih panjang daripada harimau maupun singa.

Foto Jenis Kucing Besar Clouded Leopard di Atas Batang Kayu


Sayangnya macan dahan terancam kepunahan dan termasuk binatang langka. Populasinya hanya sekitar 11.000 ekor di alam liar.
Kelangkaan disebabkan maraknya perburuan liar untuk mendapatkan taring dan kulit mereka yang eksotik.

2. Puma


Foto Jenis Kucing Besar Puma di Gunung Salju


Hewan ini memegang guinness record sebagai binatang dengan nama terbanyak. Mulai dari puma, mountain lioncatamount, panther, mountain cat, dll. Total dalam bahasa inggris saja kucing besar ini memiliki 40 nama.
Panjang cougar dewasa dapat mencapai 95 cm, dengan berat badan mencapai 90 kg. Mereka dapat hidup di alam liar hingga usia 20 tahun.

Foto Jenis Kucing Besar Puma Meloncat di Atas Sungai


Puma dapat berlari hingga kecepatan 80/jam. Berbeda dengan cheetah yang mampu menjaga kecepatannya untuk lari jarak jauh, puma tidak memiliki banyak stamina sehingga dia lebih mengandalkan pengejaran jarak pendek.
Anak puma belajar berburu sejak usia 6 bulan, mereka tipe yang sangat cepat menangkap pelajaran. Selain itu mereka juga belajar cara memanjat pohon sebelumnya.

3. Snow Leopard


Foto Jenis Kucing Besar Snow Leopard Berjalan di Atas Salju


Seperti namanya, hewan ini hidup di daerah bersalju di ketinggian hingga 4.500 mdpl. Tersebar di 12 negara, dari Tibetan Plateu hingg Siberia Selatan.
Snow leopard dewasa berbobot 52 kg dan dapat tumbuh hingga 125 cm. Ukuran ekor mereka hampir sepanjang tubuh mereka, berkisar antara 80 cm – 105 cm.
Pada kaki mereka terdapat bulu yang berfungsi seperti sepatu, sehingga tidak membuat telapak kaki mereka membeku. Ekor mereka yang panjang berguna seperti syal sehingga menambah kehangatan.

Foto Jenis Kucing Besar Snow Leopard Menggigit Ekornya


Sebagai salah predator ganas, mereka memiliki kekuatan yang besar. Snow leopard dapat berburu mangsa yang ukurannya 3 kali ukuran tubuh mereka. Jangkauan serangan meraka juga luas karena dapat melompat horizontal sejauh 9 meter.
Mereka hewan yang sangat pemalu dibanding jenis kucing besar lainnya, bahkan snow leopardmenghindar dan bersembunyi jika merasakan kedatangan manusia. Oleh sebab itu belum pernah ada laporan kematian akibat serangan snow leopard.

4. Cheetah


Foto Jenis Kucing Besar Cheetah Berlari Kencang


Predator ini dapat hidup hingga 20 tahun di alam liar. Beratnya saat dewasa mencapai 63 kg dengan panjang tubuh 1,5 m.
Badan mereka ramping namun berotot, kakinya panjang, leher mereka panjang, kepala mereka bulat namun kecil, tulang belakang mereka lentur dan ekor mereka memberi keseimbangan. Seluruh bagian tubuh cheetah menghasilkan struktur yang aerodinamis.
Dengan struktur tersebut membuat cheetah sangat cepat dalam berlari. Percepatan dari 0 km/jam sampai 96 km/jam hanya memerlukan waktu 3 detik. Mereka dapat berlari hingga kecepatan maksimum yaitu 112 km/jam.
Saat mengejar mangsa suhu tubuhnya naik hingga 41 derajat celcius. Mereka adalah satu-satunya jenis kucing besar yang mampu berputar di udara ketika berlari.

Foto Jenis Kucing Besar Cheetah Berdiri di Atas Kayu


Cheetah merupakan predator yang efisien, mereka hanya akan mengejar mangsanya jika berada dalam jangkauan. Kucing besar ini juga pintar karena bisa mendeteksi mana mangsa yang paling lemah untuk dibunuh.
Berbeda dengan jenis kucing besar lainnya seperti harimau dan singa yang merobohkan mangsanya dengan menerkam, cheetah dengan pintar dan efisien hanya menyentuh kaki belakang mangsanya.
Sedikit sentuhan di kaki belakang sudah cukup membuat mangsa yang berlari kencang terjatuh. Baru setelah itu cheetah menerkam tengkung hewan buruannya hingga kehabisan darah.
Jenis kucing besar yang tidak meraung ini memiliki corak yang mirip dengan sifat sidik jari manusia, unik. Sehingga tidak mungkin ada dua cheetah yang memiliki corak yang sama persis.

5. Black Panther


Foto Jenis Kucing Besar Black Panther Close Up


Mungkin kamu mengira warna black panther hanya hitam mengkilap saja bukan?
Padahal jika diamati lebih dekat, ada corak bintik-bintik di sekujur tubuhnya.
Sebenarnya jenis kucing besar yang disebut juga macan kumbang ini sejenis dengan macan tutul. Namun karena  memiliki habitat di hutan yang lebat dan gelap, macan kumbang mengalami evolusi sehingga bulunya menjadi hitam.

Foto Jenis Kucing Besar Black Panther di Atas Pohon


Daya jelajah black panther adalah yang terjauh diantara semua jenis kucing besar, mereka mampu menempuh jarak 40 km sekali berjalan. Selain itu black panther adalah pemanjat pohon terbaik diantar jenis kucing besar lainnya.
Dalam berburu, kucing besar ini mengandalkan teknik stealth. Hal ini didukung dengan bulu hitam mereka yang berguna untuk penyamaran. Kaki black pantherlembut dan tertutup bulu, memungkinkan mereka mengendap-ngendap tanpa terdengar oleh mangsanya.

6. Jaguar


Foto Jenis Kucing Besar Jaguar


Jaguar merupakan jenis kucing terbesar di Amerika. Mereka memiliki berat hingga 160 kg dan panjang tubuh mencapai 1,8 m.
Kekuatan rahangnya sangat luar biasa. Gigitannya mampu menembus tempurung kura-kura dan juga tengkorak mangsanya.

Foto Jenis Kucing Besar Jaguar di Atas Batang Pohon


Walaupun sama-sama bercorak totol, jaguar dan macan tutul merupakan jenis hewan yang berbeda. Perbedaan yang paling kentara, pada tubuh jaguar terdapat titik kecil di tiap corak totolnya. Corak pada hewan yang termasuk jenis kucing besar ini sering disebut dengan rosettes.

 7. Leopard


Foto Jenis Kucing Besar Leopard Close Up


Di Indonesia, salah satu jenis kucing besar ini lebih dikenal dengan sebutan macan tutul. Corak totolnya kosong alias tidak ada titik-titik di tengahnya.
Mereka adalah pemanjat pohon yang handal, selain itu mereka memiliki kekuatan yang besar. Mereka dapat dengan mudah menaikkan mangsanya yang berat ke atas pohon. Hal itu dilakukan agar hyena dan singa tidak merebut makanan mereka.

Foto Jenis Kucing Besar Leopard di Atas Batang Kayu


Hewan yang memilki panjang tubuh berkisar 1,9 m dengan berat mencapai 75 kg ini sangat lincah. Mereka mampu melompat horizontal sejauh 6 m dan melompat vertikal setinggi 3 m. Selain itu leopard dapat berlari hingga kecepatan 58 km.
Macan Tutul merupakan hewan nokturnal, sehingga mereka berburu pada malam hari. Mereka tidak pilih-pilih makanan. Mamalia, hewan pengerat, burung, monyet, ikan, atau binatang lain di sekitar wilayah kekuasaannya dapat menjadi santapan baginya.

8. Singa


Foto Jenis Kucing Besar Singa di Sabana


Singa adalah simbol keberanian, kekuatan dan kekuasaan. Meskipun hidup di sabana, singa dikenal sebagai Raja Rimba. Status “Raja” menegaskan bahwa mereka berada di puncak teratas dalam rantai makanan.
Mereka semakin pantas menyandang gelar raja, karena merupakan satu-satunya jenis kucing besar yang memiliki rambut lebat di seluruh bagian sisi wajahnya, menyerupai mahkota.
Raungan sang raja ini dapat terdengar hingga jarak 8 km. Mereka dapat berlari dengan kecepatan 80km/jam dan dapat melompat sejauh 10 m. Berat pejantan dewasa mampu mencapai 250 kg dan dapat hidup hingga usia 15 tahun atau lebih.

Foto Jenis Kucing Besar Singa Close Up


Predator buas ini merupakan satu-satunya jenis kucing besar yang hidup dalam berkelompok. Ketua dan pejantan dari kelompok bertugas untuk menjaga wilayah kekuasaan mereka, sedangkan betina bertugas untuk berburu makanan.
Walaupun terlihat sangat sempurna, singa mempunyai kelemahan yaitu penglihatannya saat malam hari cukup buruk dan mereka adalah jenis kucing besar yang paling buruk dalam hal memanjat pohon.

9. Harimau


Foto Jenis Kucing Besar Harimau Close Up


Memiliki berat hingga 320 kg saat dewasa dengan panjang tubuh mencapai 3,3 m, menasbihkan dirinya sebagai kucing terbesar di dunia.
Tak hanya besar, mereka juga sangat kuat. Harimau mampu membunuh hewan yang besarnya dua kali lipat ukurannya.
Mereka mempunyai kaki yang sangat kuat. Luka hasil perkelahian atau tembakan tak begitu saja membuat mereka roboh. Bahkan tak jarang harimau mati dalam keadaan berdiri dengan keempat kakinya.

Foto Jenis Kucing Besar Harimau Berjalan


Harimau merupakan hewan solitary atau penyendiri. Tiap harimau jantan mempunyai daerah kekuasaannya masing-masing, luasnya hingga 100 km persegi yang ditandai oleh bau mereka.
Berbeda dengan jenis kucing besar lainnya yang takut air, harimau justru merupakan perenang handal. Mereka tak segan menghabiskan waktunya untuk berenang, terutama di musim panas.
Indonesia sendiri memiliki salah satu subspesies harimau yang masih ada hingga sekarang, yaitu harimau sumatera.

10. The Golden Tabby Tiger

 Foto the golden tabby tiger oleh unik SegiEmpat
Seperti yang kita ketahui bahwa harimau biasanya berwarna coklat dan hitam, namun keunikan dari harimau ini adalah adanya warna putih dan emas yang menghiasi bulunya. Setelah dilakukan penelitian, ternyata warna emas dan putih ini adalah hasil dari adanya gen resesif pada harimau ini. Karena sangat jarang harimau yang memunculkan warna resesif pada bulunya mengakibatkan harimau yang disebut The Golden Tabby ini menjadi sangat langka di dunia. Kita akan jarang sekali menemukan harimau jenis ini di alam liar, namun ada beberapa kebun binatang atau penangkaran yang memiliki harimau emas dan putih ini. Karena berbeda, harimau ini memiliki tubuh yang sangat rentan sehingga membutuhkan perawatan tersendiri dan juga sangat sulit untuk bisa mengembangbiakkan harimau ini.

11. The Amur Leopard

 Foto the amur leopard oleh unik SegiEmpat
Jika kita melihat jenis harimau ini, ini terlihat seperti umumnya macan tutul yang ada di berbagai kebun binatang. Namun ternyata The Amur Leopard ini adalah jenis yang berbeda dengan macan tutul biasa karena The Amur Leopard ini memiliki lengs yang panjang dan juga memiliki rambut yang lebih banyak sehingga dengan adanya rambut tersebut bisa memungkinkan macan tutul ini dapat hidup di daerah yang dingin. Sekarang hanya ada sedikit jenis macan tutul ini dikarenakan banyaknya perburuan liar terutama adanya perusakan habitat asli The Amur Leopard ini yaitu hutan. Kini hanya diketahui ada sekitar 6 macan tutul betina di alam dari 50 yang tersebar di dunia dan terdapat 200 yang hidup di penangkaran. Namun meskipun macan tutul ini langka, Anda masih bisa melihatnya di kebun binatang yang berada di Amerika Utara dan sebagian negara Eropa.

12. The Maltese Tiger

 Foto the maltese tiger oleh unik SegiEmpat
Satu lagi harimau yang memiliki corak warna bulu yang unik yaitu berwarna biru. The Maltese Tiger ini hanya terdapat di negara China dan merupakan harimau yang keberadaannya sangat kritis dan terancam punah. Diketahui hanya ada beberapa saja yang tersebar di alam atau di penangkaran. Hal ini akibat adanya keunkan warna yang dimiliki sehingga menarik perhatian banyak pemburu selain itu juga mulai hilangnya habitat asli mereka. Kini mungkin saja kita tidak akan bisa melihat harimau dengan bulu kebiruannya ini karena diketahui adanya kematian anak harimau Maltase ini dalam masa pertumbuhan.

13. The Iberian Lynx

 Foto the iberian lynx oleh unik SegiEmpat
Jenis kucing besar yang menempati tempat pertama yang terancam punah adalah The Iberian Lynx ini. Kucing yang memiliki bentuk tubuh yang berbeda dengan harimau dan singa ini terbukti terancam punah karena hanya ada sekitar 100 ekor di alam bebas dan sedikit demi sedikit banyak yang mengalami kematian karena adanya penurunan jumlah kelinci yang merupakan makanan favoritnya. Apabila kucing yang satu ini benar-benar punah, akan terjadi kepunahan pertama bagi bangsaa kucing di dunia. Oleh karena itu, kita harus menjaga keberadaan kucing ini untuk menegahnya dari kepunahan.

________________________________________________________________________

Sumber 1 : https://neuhauslabs.com/jenis-kucing-besar/
Sumber 2:https://segiempat.com/aneh-unik/unik/jenis-jenis-kucing-besar-terlangka-di-dunia/

Komentar

  1. "Agen poker terbesar dan terpercaya ARENADOMINO.
    minimal depo dan wd cuma 20 ribu
    dengan 1 userid sudah bisa bermain 9 games
    ayo mampir kemari ke Website Kami ya www.arenadomino.com

    Wa :+855964967353
    Line : arena_01
    WeChat : arenadomino
    Yahoo! : arenadomino"

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Macam-Macam Jenis Kuda Terbesar Tercepat Terlengkap Di Dunia

Hewan Peliharaan Yang Unik Aneh Buas Berbulu Cerdas Eksotis Lucu Serangga Reptil Becangkang Air

Karakter One Piece Terkuat Terkeren Terfavorite Lengkap Dengan Bounty Tertinggi